INSPIRASI

Menurut teori dualisme, tubuh manusia terdiri dari jasmani dan rokhani, jiwa dan raga,fisik dan psikhis yang antara keduanya saling melengkapi.
Aku menemukan hal yang sama pada kecenderunganku. Bagiku, hidupku juga memiliki konsep dualisme tubuh, aku memiliki ketertarikan dan ambisi yang amat sangat terhadap dunia fiksi (sastra), namun kenyataanku sebagai pelajar dan hidup didunia nyata, aku dituntut untuk lebih sering sibuk dan berkutat dalam dunia non fiksi. Aku menganggap ini bukan duniaku. Sementara hari-hariku sibuk dengan tugas-tugas karya ilmiah, makalah dan buku-buku ilmu pengetahuan, ada hati kecilku yang teriak dan memohon untuk didengarkan. Dia menyuarakan ketidak adilanku karena telah menduakan mereka.
Ada bisikkan-bisikkan yang menggelitikku untuk sekedar menyapa mereka. Bahkan ketika aku tengah semangat dengan segala aktivitas akademikku, kadang tiba-tiba saja tubuhku down, lemah dan tepar tak berdaya. Pikiran liarku sedikit menuduh “ini adalah kutukan dari sang fiksi, karena kecemburuannya saat ini”. Kucoba rebahkan badan dan istirahat sejenak, kulepaskan segala pikiran dan berusaha rileks. Tetapi ketika itu juga fiksi mengambil kesempatan dan datang beribu-ribu imajinasi yang mendorong jemariku untuk menulis. Mengalirkan kisah-kisah dan cerita-cerita pendek sebagaimana yang biasa aku lakukan.
Tak bisa aku salahkan, karena aku sangat mencintai mereka, bahkan aku selalu menunggu kedatangan mereka. Adalah inspirasi. Yang selalu dicari, ditunggu, dan didamba kehadirannya oleh setiap orang. Dewi lestari bertutur dalam novel supernova yang berjudul Partikel, bahwa inspirasi itu seperti “jodoh”. Ia akan memilih inangnya, ketika bertemu dan pas, terjadilah perkawinan dan muncullah entitas baru. Jadi, sudah selayaknya aku berterimakasih atas kesempatan itu.
Terimakasih inspirasi…

Tinggalkan Balasan

