Definisi Teknologi Pendidikan

DEFINISI TEKNOLOGI PENDIDIKAN

            Teknologi berasal dari bahasa Yunani “technologia” . Menurut Webster Dictionary berarti system treatment atau penanganan sesuatu secara sistematis , sedangkan “techne” sebagai dasar teknologi berarti art, skil, science, atau keahlian, ketrampilan, ilmu. Sedangkan pendidikan adalah transfer ilmu yang diakukan denga cara sistematis.

Teknologi pendidikan adalah suatu cara atau suatu metode yang digunakan seorang pendidik dalam mengarahkan peserta didikuntuk mencapai tujuan pendidikan baik menggunakanalat media atau disebut “hardware” maupun yang lebih penting yaitu “software”, sehingga dalam mendidik peserta didik, mereka dapat menerima materi yang diberikan oleh pendidik dengan rasa senang bukan terpaksa.

Jadi teknologi pendidikan itu mengenai hardware dan softwarenya. Software antara lain menganlisia dan mendesain urutan atau langkah-langkah belajar berdasarkan tujuan yang ingin dicapi dengan metode penyajian yang serasi serta penilaian keberhasilnya.

Ada yang mengetakan bahwa teknologi pendidikan sebagi suatu cara mengajar yng menggunakan alat-alat teknik modern yang sebenarnya bukn untuk keperluan pendidikan tapi dapat dimanfaatkan dalam pendidikan. Yang mrupakn inti teknologi pendidikan adalah programnya yang harus disusun menurut prinsip-prinsip tertentu.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s